Asal Usul INTERNET
















        Awalnya antara tahun 1968 atau 1969 Internet bernama ARPANET yang dimiliki oleh DARPA (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) tujuannya adalah menghasilkan suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan komputer pada jarak yang sangat jauh, ARPANET tersebut oleh DARPA berfungsi untuk penelitian dan agar dapat digunakan untuk membawa pesan militer atau pemerintah ketika terjadi perang nuklir di Amerika. DARPA berkerjasama dengan 4 situs yaitu:
1. Stanford Research Institute
2. University on California of Los Angles
3. University of Utah
4. University of California Santa Barbara.
       Secara Umum ARPANET di perkenalkan pada bulan Oktober 1972. Karena diperlukan suatu sistem yang dapat menggabungkan berbagai tipe jaringan menjadi satu sistem jaringan yang besar, maka  pada 1 Januari 1983 ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP menjadi TCP/IP ( Transmission Control Protocol) yang berfungsi sebagai sebuah jaringan untuk menyambungkan antar komputer sehingga dapat melakukan komunikasi data. Dengan munculnya proyek tersebut maka menjadi awal munculnya konsep internetwork atau internet. ARPANET di pecah menjadi 2 yaitu MILINET untuk kebutuhan militer dan ARPANET untuk keperluan non militer, dan gabungan dari ke2 jaringan akhirnya dikenal dengan DARPA Internet dan kemudian di singkat menjadi Internet.
         
       Tahun 1992 komputer saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui 1 juta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994 situs Internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman dan pertama kalinya virtual shopping muncul di Internet. 
Dan di tahun yang sama Yahoo didirikan dan lahir Netscape Navigator.
Pada tahun 1995 ditemukanlah WWW (World Wide Web) oleh Dr. Tim Berners Lee. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 4 Pari Island

You're Now at Bukit Badar

GOOD TIME