Trip To Sikidang Part I

Selamat Datang di blognya darulpertiwi. Sudah lama sekali gw ga nulis di blog ini. Ada beberapa alasan yang mungkin klise diataranya adalah sibuk jadi mahasiswa baru (beberapa tahun kemaren masih cupu dan polos), mahasiswa organisasi (mencari jati diri, rapat ini itu, proker sana sini), mahasiswa laporan (kosan - lab - kosan tiap pagi siang sore), dan akhirnya jadi mahasiswa tingkat akhir juga, dan itulah yang menyebabkan gw males banget buat nulis di blog ini lagi. Sebenarnya ada beberapa draft yang udah gw tulis, tapi ga gw post dengan alesan belum fix banget buat di post, masih ada beberapa yang belum sampe ending dan akhirnya ga gw kelarin juga sih. Oke post kali ini mungkin mau flashback lagi ke postingan-postingan sebelumnya. Firstly, gw minta maaf banget karena ada beberapa postingan di awal gw engga nyantumin beberapa referensi karena waktu itu masih belum ngerti sama artinya hak cipta gitu-gitu. Dan akhirnya gw ngeliat lagi ternyata cukup banyak juga yang liat blog gw ini. Dan terbesitlah niatan gw buat ngepost ini. Next adalah gaya penulisan gw yang masih alay dulu, itu gw minta maaf juga deh ya, mungkin kalian yang bakal baca bakal iyuh dan ilang rasa buat baca next postnya. Tapi ya namanya juga belajar, kan gak ada yang salah. Yang salah adalah mengulangi kesalahan yang sama. Smile. 
Oke. 
Post kali ini gw mau ngasih referensi tempat liburan yang juga ga kalah seru dari postingan-postingan gw sebelumnya. Mulai sekarang gw bakal banyak ngepost tempat-tempat yang pernah gw kunjungin atau explore tapi udah dalam waktu yang cukup lama sekitar 1-2 tahun yang lalu. So, kali ini gw mau ceritain tentang Kawah Sikidang yang tempatnya di daerah Banjarnegara. Waktu gw googling kawah ini termasuk kedalam kawahnya Dieng di bagian Banjarnegara. Gw udah rada lupa sih kapan gw kesana, sekitar tahun 2015. Tulisan perjalanan ini akan dibagi menjadi beberapa part dikarenakan waktu dan tempat yang cukup berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tetapi inti perjalanannya tetap ke Sikidang. 

Perjalanan gw ke tempat ini butuh perjuangan, dimulai dari bangun pagi-pagi buta, gw jalan bareng sama temen-temen gw. Udah pasti capek banget, tapi kalo mainnya bareng-bareng sama teman-teman bakal ga kerasa deh. Jadi bagi kalian yang traveling sebaiknya sih bareng teman/sahabat terbaik kalian. Waktu pertama kali tau tempat wisata ini gw udah prepare sebelumnya, yang jelas karena tempat ini kan termasuk danau kawah gunung prau makanya wajib banget bawa penutup hidung/masker karena baunya cukup menyengat. Tapi bakal dikalahin dengan keindahan alamnya.

Indahnya dihiasi banyak pepohonan disekitar danau kawah ini, kemungkinan besar karena pohon-pohon ini emang udah ada dari jaman dahulu kala, karena gunung prau termasuk kedalam gunung yang aktif otomatis kehidupan disekitar gunung ini masih terus berlangsung. Bagus banget, terlebih danau ini terbentuk alami dan masih belum ada sampah di sana-sini. 

Airnya kehijauan karena ada kandungan belerangnya, ada beberapa sisi dari danau ini sangat bau belerang yang menyengat. Jadi hati-hati ketika memasuki wisata ini dan juga perhatikan setiap langkah karena ada beberapa jalan setapak yang bolong dan dialiri sama air belerangnya, tapi ga deras. Dari pinggir danau kawah ini bisa juga melihat gunung prau yang waktu gw kesana lagi aktif ngeluarin semburan asap gitu. Maaf ya ga gw foto. 
Next trip, gw kedaerah hutan dan perbukitan di daerah danau ini. Jalannya terjal berliku dan banyak anak tangganya. So, gw jelajahin juga hutannya, satu demi satu anak tangga gw naikin. Lumayan cukup jauh dan terjal juga. Gw saranin pake sepatu yang sesuai karena jalannya yang cukup terjal dan kadang sewaktu-waktu daerah ini hujan dan siapin payung juga kalau kalian ga mau keguyur sama air hujan. Nah, kalau udah ujan kan becek tuh tanahnya jadi.. yahh kalian pikir aja sendiri deh ya mau pake apa. Terus gw saranin juga jangan bawa barang yang berat-berat karena jalannya nanjak banget walau pake tangga sekalipun. 
Sebenernya gw juga ga tau gw jalan nanjak-najak gini tujuan akhirnya mau kemana. Tapi namanya juga ngetrip ya jalan mah jalan aja. Gak usah takut selama matahari belum terbenam. Karena gw kurang begitu suka dengan naik-naik ke puncak, jadinya gw sering berenti-berenti di pinggiran jalan. Menurut gw tempat wisata ini punya fasilitas yang cukup memadai. Buktinya sepanjang jalan gw bisa istirahat dibawah pohon dengan kursi kayu yang udah disediain sama pengelola. So, bagi kalian yang juga ga bisa jalan jauh dan menanjak kek gw, gw saranin istirahat dulu sembari ngeliat pemandangan hutan pinus yang cukup oke. Gak tau kenapa gw lebih suka panas matahari walaupun ngebuat kulit gw hitam belang dibanding harus capek jalan menanjak walaupun cuacanya sejuk dan cerah. Jadi gw lebih suka pantai dibanding gunung. Ck
Perjalanan gw akhirnya ketemu di titik terangnya juga. Jadi pas gw sampe atas perbukitan ini ada beberapa tempat spot yang bisa dijelajahi. Btw, pas gw kesana jalan menuju ke atas bukit ini lagi di renovasi, dengan penambahan tanaman-tanaman hias dan bunga-bunga selain itu juga jalannya udah mulai dibuka buat pejalan kaki, jadi lebih mudah buat jalan ke atas bukitnya karena sebagian besar tanahnya itu bebatuan alami yang masih kasar gitu. Gw lebih milih ke spot dengan uang masuk yang lebih murah. Jadi gw ke spot yang masih nanjak lagi sampe ke atas bukit, tapi gak kalah bagus ko sama spot yang satunya lagi yang notabene lebih mahal beberapa rupiah. Jadi nama spot-spot di atas bukit itu beda-beda, dan gw lupa nama-namanya apa aja. Pokoknya ada 2-3 bukit dengan nama yang beda tapi tampilan alamnya sama aja. 

Karena gw jalan nanjak jauh akhirnya gw lelah dan capek waktu sampe atas. Btw, ini belum sampai puncak bukitnya itu. Gw duduk-duduk dulu bentar karena jalan ke atas bukitnya lagi lebih nanjak dari sebelum-sebelumnya. Kalo gw liat-liat lagi pengalaman kayak gini itu gak bisa digantiin pake yang lainnya. Terbaik banget kalau ngetrip bareng temen/sahabat. Alamnya indah banget, cuacanya cerah dengan matahari yang gak begitu terik dan udaranya masih sejuk. Liat aja, ada awan diantara satu bukit dengan bukit yang lainnya yang menandakan gw udah nanjak berapa km coba. 
Gw lanjutin perjalanan gw sampe keatas bukit. Dan alhasil gw sampe juga diatas bukit yang gw cari-cari. Dari atas bukit ini kalian bisa ngeliat danau kawah yang ada dibawah tadi dengan pemandangan yang bagus dan indah banget. 



Perjalanan yang gak ada sia-sianya. Akhirnya sampai juga di spot impian. Awalnya gw juga ga nyangka bakal dibawa sampai sejauh dan setinggi ini. Dan alhasil...
Indah banget, kalau kalian liat-liat lagi warna diantara 2 danau itu beda loh. Yang satu warna kehijauan dan yang satu lagi warna coklat. Kemungkinan yang warna kehijauan itu adalah danau kawah prau dan yang berwarna kecoklatan itu danau biasa yang airnya ada karena air ujan doang ga ada belerangnya. Kayaknya sih, kalau diliat dari warna. But, gak usah debat panjang deh ya. Nikmatin aja pemandangan yang udah disajikan dan didapat dengan jerih payah. Foto ini gw ambil dari bagian atas bukit yang rendah, ada lagi bukit yang lebih tinggi dengan tebing yang juga lebih tinggi lagi. Gw gak kuat buat naik keatas lagi. So, gw sama temen-temen gw akhirnya menetap di spot yang ini deh sampai bosen foto-foto. 
Sorry banget ga bisa ngepost banyak foto pemandangannya, karena kebanyakan yang gw ambil adalah foto pribadi. So Sorry..
Alam Indonesia tuh indah dan bagus banget. Butuh untuk di explore dan dijaga. Mungkin ini hanya sebagian kecil cerita yang bisa gw bagiin. Jadi gw berharap gw sama temen-temen yang lainnya juga bisa mengexplore tempat-tempat indah lainnya di berbagai penjuru daerah. Jangan lupa buat bersyukur dan selalu prepare buat trip selanjutnya.
Oke, setelah sekian lama kita foto-foto sambil istirahat juga, akhirnya kita semua memutuskan buat turun kebawah lagi. Karena akan melanjutkan trip ke lokasi yang beda lainnya. So, buat next destination lanjut lagi ke Part yang selanjutnya ya. Terima kasih sudah membaca.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 4 Pari Island

You're Now at Bukit Badar

GOOD TIME