ISTILAH- ISTILAH DALAM INTERNET.


  
 

1.       Account: Data tentang seseorang minimal Internet dan password.
2.       Browser: Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web.
3.       Chatting: istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
4.       Client: sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
5.       Cookie: tempat untuk menyimpan informasi pengguna dan merelay informasi ini antara situs web dan browser. Ini digunakan untuk otentikasi pengguna, menyediakan akses mudah ke situs dengan sandi yang dikendalikan, atau menyimpan berbagai preferensi pengguna.
6.       Connect: tersambung dengan jaringan Internet.
7.      Craker: sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.
8.       Cyberspace:  Dunia maya.
9.      Cybercrime: : istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.
10.   Dial up: jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.
11.   Disconnect: pemutusan dengan Internet.Tidak terhubung kembali.
12.   Domain: nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
13.   Download:  Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.
14.   DSL: Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN
15.   e- commerce: Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet
16.   e-mail: Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
17.   e- payment: suatu sistem yang menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau barang-arang yang dilakukan di Internet.
18.   firewire: FireWire adalah adalah merek dagang apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394 sony.
19.   flames: Amukan seseorang terhadap orang lain melalui Internet. Flame biasanya dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan
20.   flatrate: Menunjukkan struktur harga yang menetapkan biaya tetap tunggal untuk layanan, terlepas dari penggunaan.
                        
21.   Freeware: Aplikasi yang dapat didownload dan digunakan secara gratis.
22.   gateway: Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda.
23.   hacker: seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
24.   homepage: halaman awal dari sebuah domain atau halaman awal pada saat kita pertama kali membuka halaman web atau menu home.
25.   hypertext: text yang dijadikan media penghubung antara satu halaman web dengan halaman web lainnya
26.   HTML: Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP
27.   HTTP: Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
28.   Hyperlink: hubungan antara satu halaman web dengan halaman web  lainnya.
29.   IRC: singkatan dari Internet Relay Chat. Secara kasar, IRC adalah media untuk berbicara real time dengan orang lain di Internet.
30.   ISP: Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.
31.   Log in: disebut juga login, log on dan logon. Proses untuk masuk ke dalam system sebuah komputer, jaringan atau layanan online, yang meninta pengisian nama dan password penggunanya agar komputer dapat mengenali dan mengakui keabsahannya dalam mengakses.
32.   Log out: tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
33.   Mailing list: Sebuah forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Satu anggota akan diterima oleh semua anggota, termasuk si pengirim sendiri.
34.   Modem: alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
35.   Newsgroups: kelompok warta, kelompok diskusi
36.   Netter: Para penjelajah internet.Misalnya seseorang yang ingin menjelajahi internet yang bertujuan untuk mencari situs-situs yang ada dalam komputer khususnya internet.
37.   Offline: tidak terhubung dengan jaringan Internet
38.   Online: Terhubung ke jaringan internet.
39.   Plug-in: program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
40.   Pop: Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.
41.   Proxy server: Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.
42.   Server: sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
43.   Softcopy: Dokumen yang dibuat menggunakan komputer dan disimpan pada suatu media penyimpanan.
44.   Spam: Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail, bisa berupa pesan yang tak berarti atau iklan yang kurang berguna.
45.   Spider: Tool yang bertugas untuk menggali informasi dari blog anda
46.   Surfing: : suatu kegiatan menjelajahi website atau situs guna mencari informasi ataupun sharing informasi.
47.   Shareware: Perangkat lunak yang bisa didapatkan secara bebas, yang didasarkan atas percobaan. Program-program shareware membutuhkan biaya atau registrasi bila ingin melanjutkan pemakaiannya.
48.   TCP/IP: Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan.
49.   Update: perintah yang digunakan untuk mendapatkan pembaharuan (update) terbaru dan melakukan sinkronisasi dengan versi yang ada pada CVS Server.
50.   Upload: Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 4 Pari Island

You're Now at Bukit Badar

GOOD TIME